⋘⊱╬†―۩― Chatter's Gelandangan Blog's ―۩―†╬⊰⋙
go to my homepage
Enter Here

Sabtu, 05 Februari 2011

Terpantau Guguran Material Lava di Puncak Merapi

Stasiun seismograf BPPTK Yogyakarta di Pusunglondon mencatat ada guguran material lava cukup besar di puncak Merapi, Jumat (4/2/2011) petang.

Belum diketahui persis dampak guguran material vulkanik yang terjadi bersamaan dengan hujan lebat di kawasan lereng atas gunung. Info dirilis seorang staf BPPTK melalui jaringan radio komunitas Turgo Asri 149.200.

Kejadian ini tak teramati secara visual karena mendung tebal menyelimuti puncak Merapi sepanjang siang hingga malam hari.

Hujan berintensitas cukup tinggi dari Jumat siang hingga sore juga menyebabkan banjir lahar dingin ke sungai-sungai di lereng barat maupun selatan.

Aliran lahar di Kali Kuning terpantau cukup deras di cekdam Umbulharjo. Cekdam yang juga berfungsi sebagai jalan penghubung Kaliurang ke Umbulharjo itu terputus.

Di lereng barat, banjir lahar dalam volume sedang/besar juga kembali memutus jalan raya Yogya-Magelang di ruas Gempol dan Jumoyo.

Hingga pukul 00.00, Sabtu (5/2), jalan raya viital itu belum bisa dilalui kendaraan karena timbunan material vulkanik berupa pasir dan batuan di jalan raya sepanjang kira-kira 100 meter.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by Nd0n