⋘⊱╬†―۩― Chatter's Gelandangan Blog's ―۩―†╬⊰⋙
go to my homepage
Enter Here

Senin, 20 Desember 2010

Pentingnya Menjaga Keamanan Aplikasi

Pentingnya Menjaga Keamanan Aplikasi


 Internet banking, e-government, dan industri lainnya yang berbasis komputasi awan membutuhkan kesadaran lebih tentang pentingnya menjaga keamanan aplikasi web. Sebab, kegagalan dalam mengamankan bisa berakibat fatal.

Demikian dipaparkan Chief Information Officer Telkom Indra Utoyo di sela Web Application Security Conference 2010. Menurutnya, kegagalan dalam mengamankan aplikasi web memiliki konsekuensi serius seperti kerugian finansial atau bocornya informasi.

"Ujung-ujungnya bisa mengakibatkan kerugian signifikan sebuah perusahaan," kata Indra dalam keterangan tertulis yang dirilis ITSec Asia, di Jakarta, Senin (20/12/2010).

Mengamankan aplikasi web memang tidak mudah. Seperti dikatakan Indra, dibutuhkan kesadaran keamanan pada semua tingkatan dalam perusahaan, mulai dari pengembang, eksekutif, sampai pengguna.

Sementara, Marek Bialoglowy, Chief Technology Officer ITSEC Asia menuturkan bahwa pengamanan aplikasi Web seperti Internet Banking, e-government, adalah instrumen yang sangat penting.

"Para pengembang aplikasi Web perlu mendapatkan pengembangan teknologi keamanan pada apa yang mereka bangun. Itulah sebabnya konferensi ITSec Asia diadakan sebagai salah satu wadah bertukar informasi," kata Bialoglowy.

konferensi Web App Sec 2010 diselenggarakan oleh ITSEC Asia untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keamanan aplikasi web, termasuk Internet Banking, e-pemerintah, atau dalam komputasi awan. Forum ini memang memfokuskan diri pada aspek keamanan dari seluruh instrumen yang ada dalam aplikasi web.

Terdapat enam pembicara pakar yang turut berpartisipasi dalam konferensi ini, termasuk Indra Utoyo, Marek Bialoglowy, Nor Ramzani Abdul Rahim (chief technical director PT Scan Nusantara), Ruhimat (CISA Manager-Veda Praxis) ,Sheran Gunasekera (Zenzonsult), Michael Sargent (Technical Advisor PT Scan Nusantara), Ariesto Kosasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Net Work

 

Template by Nd0n