⋘⊱╬†―۩― Chatter's Gelandangan Blog's ―۩―†╬⊰⋙
go to my homepage
Enter Here

Jumat, 05 November 2010

20-an Pengungsi Merapi Alami Luka Bakar, Dirawat di RS Sardjito

Puluhan pengungsi letusan Gunung Merapi di kawasan Sleman, Yogyakarta, mengalami luka bakar setelah Gunung Merapi bergemuruh cukup besar. Saat ini para korban dirawat di Rumah Sakit Sardjito, Yogyakarta.

"Ada 20-an warga mengalami luka bakar," ujar Petugas UGD RS  Sardjito Sariningsih saat dihubungi detikcom, Jumat (5/11/2010).

Menurut Siti, di rumah sakit korban terus berdatangan. Namun dia belum dapat memastiakan apakah ada korban jiwa dalam kejadian ini. "Kita belum mendata," katanya.

Setelah bergemuruh cukup keras Kamis 4 November pukul 23.40 WIB ribuan warga di Kecamatan Pakem, Turi dan Cangkringan diungsikan ke daerah aman dengan radius 20 km dari puncak merapi. Mereka berbondong-bondong menyelamatkan diri dalam keadaan panik.

Saat ini puluhan ribu pengungsi letusan Gunung Merapi memadati Stadion Maguwoharjo di Sleman, Yogyakarta yang berjarak 30 km dari puncak Merapi. Sementara itu ratusan mobil dan truk menunggu parkir di halaman stadion yang cukup besar tersebut.

Pemerintah setempat membagi para pengungsi berdasar asal daerahnya. Namun demikian karena kurangnya persediaan tikar untuk tidur akhirnya pengungsi memadati sisi kiri stadion yang memang sudah ditata rapih tikar untuk istirahat para pengungsi.

Tak hanya menyerbu tikar, para pengungsi juga menyerbu toilet stadion. 60 toilet yang tersedia di stadion penuh antrean.
Sementara ini Dinkes setempat telah membuat posko untuk merawat warga yang sakit. Saat ini PMI tengah membuat dapur umum.

Kondisi di lokasi pengungsian belum nyaman. Pasalnya, hujan kerikil dan abu belum juga usai.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Net Work

 

Template by Nd0n