⋘⊱╬†―۩― Chatter's Gelandangan Blog's ―۩―†╬⊰⋙
go to my homepage
Enter Here

Jumat, 05 November 2010

Kali Code Hampir Meluap, Pasar Beringharjo Bubar

Lahar yang memenuhi Kali Code hampir meluap. Kota Yogyakarta terancam banjir lahar. Pedagang dan pengunjung Pasar Beringharjo yang tak jauh dari Keraton Yogya itu pun bubar jalan.

Rahmat, salah satu pengunjung pasar yang biasa disebut Pasar Gedhe itu, menceritakan, kepada detikcom, Sabtu (5/11/2010), kepanikan terlihat saat Kali Code hampir meluap.

"Pasar Beringharjo bubar, semua panik," kata Rahmat. Hingga pukul 13.40 WIB, kepanikan masih terasa di pasar yang terletak kawasan Malioboro itu.

Sebelumnya diberitakan, lahar yang mengalir di Kali Code sudah hampir meluap. Hanya tinggal 50 cm lagi bakal meluap melebihi tanggul. Warga yang tinggal di sekitar sungai mulai mempersiapkan diri untuk mengungsi.

Lahar yang mengalir di sungai tersebut sangat deras. Batu-batu sebesar kursi hanyut oleh aliran lahar dari Gunung Merapi itu.

Kali Code mengalir di tengah-tengah Kota Yogyakarta. Jika Kali Code meluap, maka kota gudeg itu terancam banjir lahar.

Badan Geologi Kementerian ESDM telah mengingatkan bahwa semua sungai yang berhulu di Merapi diprediksi tidak mampu untuk menampung lahar. Lahar yang baru mengalir saat ini baru 5 persen saja. Bila terjadi banjir lahar, akan sangat berbahaya karena banjir lahar memiliki daya dobrak sangat kuat.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Net Work

 

Template by Nd0n